Pemutaran Film dan Penanaman Pohon Warnai Peringatan Hari Gajah Sedunia

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada 12 Agustus 2022 sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang gajah sumatera di Aceh.Maka pihak stakeholder, dan mitra konsorsium gajah CRU Aceh, mengadakan kegiatan penanaman pohon, dan pemutaran film konservasi gajah sumatera, di Camp CRU Sampoiniet, Aceh Jaya, Jumat (12/08/2022).

“Hari gajah sedunia bertepatan pada tanggal 12 Agustus 2022, kami bersama mitra konsorsium gajah CRU Aceh mengadakan acara penanaman pohon, dan pemutaran film pendek,” kata Koordinator Kegiatan, Rahmat Diansyah.

Ia mengatakan, penanaman pohon dilaksanakan di dua tempat, pertama penanaman secara simbolis di Camp CRU Sampoiniet, dan penanaman selanjutnya di daerah Pante Kuyun, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, bersama, BKSDA Aceh, DLHK Aceh, Federasi Ranger Aceh, serta stakeholder, hingga tokoh masyarakat, dan CSO. Penanaman pohon ini sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam perlindungan spesies, terutama gajah sumatera dan ekosistem hutan yang ada di kawasan Aceh Jaya.

Ia menjelaskan, jenis pohon yang ditanami, yaitu jenis tanaman yang tidak disukai oleh gajah, yang ditanam berdekatan dengan pagar kejut, atau barrier gajah yang telah dibangun. Hal itu dilakukan agar gajah tidak masuk ke kawasan pemukiman masyarakat. Selain kegiatan penanaman pohon, ada pemutaran film dokumenter yang diproduksi oleh Tropical Society dan CRU Aceh, tentang konservasi gajah sumatera. Pemutaran film tersebut berisi cerita tentang kumpulan rekaman video, dan foto dari para pejuang konservasi di Aceh khususnya gajah, kemudian dijadikan sebuah jurnal visual.

“Film itu berisi kumpulan-kumpulan video dan foto, dan dijadikan sebuah jurnal visual tentang gajah sumatera. Mulai dari fisik, tempat hidup, ancaman, hingga upaya konservasinya yang terus menerus dilakukan”.

Rahmat berharap dalam kegiatan memperingati hari gajah sedunia ini, dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada masyarakat dan berbagi informasi tentang gajah sumatera sebagai kekayaan keanekaragaman hayati satwa liar di Indonesia khususnya di Aceh.

Dalam kegiatan itu, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin, S.Sos., MSi turut hadir, sekaligus membuka acara peringatan Hari Gajah Sedunia, di Camp CRU Sampoiniet, Aceh Jaya.
Dalam kesempatan ini, Pj Bupati berkomitmen penuh dalam upaya pelestarian gajah sumatera di Aceh Jaya, dengan membuat regulasi terkait penyesuaian komoditi yang tidak disukai gajah, namun memiliki nilai ekonomi tinggi serta rencana pengembangan ekowisata berbasis gajah di CRU Sampoiniet. Pj Bupati Aceh Jaya berharap kepada semua pihak, harus bekerja sama demi terpelihara satwa yang dilindungi tersebut , dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat lokal khususnya di wilayah habitat gajah.

Sumber:
https://aceh.tribunnews.com/2022/08/14/pemutaran-film-dan-penanaman-pohon-warnai-peringatan-hari-gajah-sedunia